23 Juli 2011

Tips Turunkan Asam Urat

Selain ada unsur genetisnya, penyakit asam urat atau gout/hyperuricemia lebih banyak diderita oleh para pria terutama yang berusia diatas 40.Biasanya mereka yang tinggi asam uratnya (diatas 7 mg/dL)  mengalami gout attack. Gejala saat gout attack/asam urat menyerang adalah nyeri yang hebat pada persendian (terutama didaerah mata kaki, telapak kaki, jempol kaki, dan lutut) disertai bengkak dan rasa kaku.

Apa sebabnya?
Asam urat sebenarnya hasil sisa metabolik yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh. Pada sebagian pria, enzim yang bertugas menyapu asam urat ini tidak ada (karena adanya faktor genetis). Sehingga kadar asam urat naik dan kristal kristal asam urat menumpuk dipersendian. Karena sendi kita terganggu, maka terjadilah inflamasi/peradangan.

Untuk menurunkan dan mengendalikan asam urat yang  perlu dilakukan:
- Diet, pola hidup sehat & berolah raga
- Minum obat untuk asam urat.
- Minum air yang banyak (1.5-2 L) per hari.

Obat penurun asam urat digolongkan menjadi 2 yaitu:
  • Obat untuk meringankan gejala saat penyakit asam urat kambuh yang isinya adalah antiradang dan anti nyeri seperti Indometacin, asam mefenamat, diclofenac, meloxicam, piroxicam. Hindari aspirin karena dapat menaikkan asam urat. Obat ini hanya diminum ketika radang menyerang. Setelah reda, stop saja.
  • Obat untuk menurunkan kadar asam urat, sehingga mencegah serangan asam urat kambuh, yaitu allopurinol. Untuk yang satu ini, obat harus diminum rutin setiap malam hari untuk menstabilkan kadar asam urat. Asam urat biasanya menumpuk pada malam hari saat suhu udara menurun dan kristal2 mengendap pada sendi. Oleh karena itu dianjurkan diminum malam. Pemakaian obat alopurinol yang berhenti secara tiba tiba dapat memicu terjadi kambuhnya asam urat.
Kalau gak diobatin?
Jika tidak minum obat, umumnya gejala akan reda setelah 7 hari. Namun...serangan berikutnya mengintai anda, dan durasinya akan semakin panjang. Jika terjadi berulang2, bisa merusak persendian kita dan juga menggangu fungsi kerja ginjal.

Asam urat banyak pantangannya nih, karena beberapa jenis makanan menggandung tinggi purin yang didalam tubuh diolah jadi asam urat. Diantaranya: daging merah, seafood, kacang kacangan, bir, jamur, brokoli dan kembang kol. So, sebaiknya makanan ini dihindari ya..Perbanyak sayur, buah, ayam, ikan dan minum air yang banyak. =)

Semoga bermanfaat!


Referensi: Pharmaceutical Society of Australia, Self fact Card, Gout 2010.
Image from : herbsfirst.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar