15 Februari 2012

Flu Singapura, Bukan Karena Virus Flu

Belum lama, ada rekan yang menanyakan anaknya yang terkena flu singapura, gejalanya bintik bintik merah pada mulut tangan dan kaki, disertai demam tinggi. Setelah dibawa ke dokter, diagnosisnya adalah Hand, foot and mouth disease (HFMD) yang biasa menyerang anak balita atau disebut juga Flu Singapura.

Jangan bingung ya, namanya Flu Singapura, tetapi virus yang menyebabkan BUKAN virus influenza seperti layaknya Flu babi dan Flu burung. Virus penyebabnya adalah virus coxsackie yang menular lewat cairan tubuh.
Gejalanya demam, sakit tenggorokan, sariawan yang cukup menggangu kalo makan, bintik bintik berisi cairan (seperti cacar air) pada kaki dan tangan, pilek, nafsu makan turun. Umumnya penyakit ini bukan penyakit yang mematikan, namun tetap harus dibawa ke dokter bila mengalami gejala diatas.

Ada yang ingin ditanyakan? Jika ada, silakan kirimkan pertanyaan anda ke email address dviolin8@hotmail.com. =) atau gunakan Form pada Pojok Konsultasi. Mohon gunakan valid email address sehingga saya dapat membalas pertanyaan pembaca.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar