22 Februari 2012

Flu Singapura, Dapatkah Terserang Lagi?

Halo pembaca,

Menanggapi pertanyaan dari pembaca mengenai Flu Singapura, jika sudah pernah kena Flu Singapura, dapatkah terserang kembali?

Menurut literatur yang saya baca,Ya, hal ini dapat terjadi, karena virus yang menyebabkan Flu Singapura  memiliki tipe yang beragam.
Umumnya disebabkan virus coxsackie group A  type 16
Virus lain adalah Coxsackievirus, Group A, tipe 4, 5, 9, and 10
Coxsackie Group B, tipe 2 dan 5 dan bisa juga disebabkan oleh Enterovirus 71.

Dengan demikian, bila tubuh terinfeksi virus yang berbeda, akan timbullah gejala Flu Singapura.
Hal ini juga sudah tercatat pada jurnal ilmiah "Recurrent Presentation of Hand, Foot, and Mouth Disease" Clinical Paedriatic, dimana terdapat pasien yang mengalami HFMD berulang 2 kali.


Jadi, jika sudah pernah terkena Flu Singapura, masih mungkin terserang lagi lho, kita pun perlu waspada. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan asupan gizi yang baik dan hidup aktif.

Semoga bermanfaat!

Ada hal yang ingin ditanyakan? Silakan menggunakan pojok konsultasi, isilah dengan email address yang valid sehingga saya dapat membalas pertanyaan pembaca. Bisa juga dengan menulis email ke dviolin8@hotmail.com. Terimakasih

Materi referensi:
http://www.phsneb.org/health_planning/HandFootandMouthDisease.html
Recurrent Presentation of Hand, Foot, and Mouth Disease. CLIN PEDIATR May 2006 vol. 4 no. 4 373-376

2 komentar:

  1. Salam bahagia...

    Anak saya umur 23bulan,dari keterangan dokter sebelumnya anak saya terkena virus singapur. Gejalanya diare n sariwan di mulutnya serta bintik2 merah. Tu sekitar lebih kurang 2 bulan yang lalu. Tapi, sekarang koq bisa kena lagi ya. Mank saya belum cek kedokter. Pi gejala nya sama seperti sebelumnya.makan dan minum susu masih mau, dan alhamdulillah masi lincah. Dan bintik2 merahnya keluar semua karena minum air kelapa. Jadi apa tidak menutup kemungkinan kedepannya lagi bakalan kena lagi ya. Pi saya harap anak saya sehat, bukan hanya anak tapi kita semua. Mohon sharing ya... Makasi sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa saja terserang lagi. Usia anak masih 23 bulan, sistem kekebalan tubuh nya blm sekuat org dewasa. Shg masih rentan...

      Tetapi seiring bertambahnya usia, rata rata kekebalan tubuh meningkat. Sehingga tdk mudah terserang virus.

      Semoga sehat selalu

      Hapus