07 Februari 2012

Usir Bau Mulut dari Akarnya

BM - Bau Mulut -pastinya bikin nggak PD, saat ketemu pacar, klien bisnis, rekan yang diajak ngomong bisa ilfil dan menjauh hanya karena bau mulut yang menyengat. Bau mulut biasanya muncul kalo pas bangun pagi, karena waktu kita tidur, produksi kelenjar air liur menurun dan microorganisme di mulut kita nggak ada yang membersihkan. Salah satu usaha yang biasa kita lakukan adalah makan permen, tapi hal ini hanya menutupi bau mulut, tidak menuntaskan dari akarnya.


Sebenarnya apa yang menyebabkan bau mulut?
Bisa bakteri, bisa jamur. Ini didapat dari kurangnya menjaga kebersihan mulut, akibatnya terdapat pembusukan makanan pada mulut, plak pada gigi yang bisa bikin radang gusi juga lho.

Yang bisa dilakukan?
  • Jaga kebersihan rongga mulut : sikat gigi, bersihkan sela-sela gigi pakai dental floss dan kumur dengan mouthwash. Kalau bisa, untuk mouthwash pilih yang tidak menggandung alkohol, bisa dengan bahan aktif chlorhexedine, cetylpyrinidium. Pakai 2-3 kali seminggu, tidak perlu setiap hari.
  • Bisa juga gunakan sugar free chewing gum, ini membantu menstimulasi produksi air liur, tanpa adanya gula yang memicu pertumbuhan bakteri
  • Kurangi merokok, kurangi minum alcohol
  • Bersihkan juga lidah dengan brush khusus pembersih lidah, saya pernah lihat dijual di supermarket tertentu
  • Kalau masih BM juga, mending cek ke dokter/dokter gigi, terkadang ada infeksi jamur pada mulut yang perlu dibasmi dengan anti jamur
Referensi: Australian Pharmacist 2011, Halitosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar