02 Maret 2012

Tips Buat Yang Susah Tidur

Insomnia, sulit tidur
Baru baru ini, best friend saya mengeluh, "Gue susah tidur nih...Jam udah menunjuk 1.10 dini hari, tapi nggak tidur tidur juga" Sudah mencoba menegak secangkir chamomile tea, tetep aja mata melek terjaga. Perlu obat tidur nggak ya? 


Kira2 menurut pembaca gimana nih...Obat tidurkah solusinya? 
Kalau menurut saya, obat tidur = jalan pintas. Tidur terlelap seketika, urusan besok gimana, efek sampingnya apa, urusan belakangan.

Pada teman saya ini, saya tanyakan.."Kenapa loe susah tidur?", ternyata lagi banyak pikiran..Ini dia sumber penyebabnya. Mata ngantuk sih ngantuk, tetapi otak kita aktif bekerja karena sibuk mikir. 

Kalo saya susah tidur seperti ini, yang saya lakukan adalah:
1. Katakan STOP berpikir didalam kepala!! Usahakan relax, kalo saya suka pake Lavender lotion..Very calming, aromanya bikin relax, dan sekaligus ngusir nyamuk
2. Saya setel juga lagu2 easy listening atau kalau suka classic juga boleh, volume kecil aja.
3. Buat air hangat, kalo ada susu hangat jg boleh, minum perlahan.
4. Bagi yang kerjanya sampai larut malam, kalo udah pulang malem, jangan mandi/keramas trus langsung tidur. Kadang membuat kita terjaga loh, kalau mandi dan tidur waktunya berdekatan. Beri jeda sekitar 2 jam.
5. Olahraga - Ternyata olahraga dan tidur ada kaitannya. Dari pengalaman, yang susah tidur biasanya kurang berolahraga. Setelah berolahraga rutin, umumnya lebih mudah tidur dan kualitas tidur nya membaik
6. Kopi? Minuman bercaffeine? Hindari ya...
7. Makan malam juga jangan terlalu dekat dengan waktu tidur, beri jeda 2 jam untuk mencerna makanan.
8. Menggunakan obat obatan? Coba obat apa tuh yang diminum, ada obat yang membuat orang susah tidur dan insomnia kalau diminum malam hari.


Ada yang ingin ditanyakan? Jangan ragu, gunakan saja form konsultasi dibawah atau bisa juga kirimkan pertanyaan anda ke creativehealth@hotmail.co.id. Gunakan email address yang valid ya..Jadi saya bisa membalas pertanyaan Anda.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar