09 April 2009

Part II: Komplikasi diabetes

Continued from Part I...

Penting gak sih minum obat-obat diabetes...toh gak berasa apa-apa?
PENTING SEKALI. Memang betul kadang gak terasa perbedaannya...Tetapi perlu diingat...Komplikasi2 diabetes itu diam-diam mengintai Anda, bila gula darah anda berada diatas normal. Komplikasi diabetes itu sangat luas, bisa menghantam berbagai organ penting anda...dan justru komplikasi inilah yang membuat diabetes itu mematikan.
Komplikasi nya apa?
Ada dua komplikasi yang umumnya terjadi yaitu komplikasi pada1. Pembuluh darah besar / makrovaskular2. Pembuluh darah kecil & halus / microvaskular

Kenapa bisa demikian?
Karena pada kadar gula darah yang tinggi, proses pembekuan darah berlangsung lebih cepat dari normal..Nah bayangkan kalau di pembuluh darah kita yang halus, terdapat sumbatan2 penggumpalan darah akibat pembekuan darah itu. Berarti supply nutrien dan oksigen ke organ tersebut terhambat..sehingga sel2nya mati & fungsi organ terganggu. Kalau pembuluh darah yang terserang itu di mata Anda, dapat mengakibatkan kebutaan, kalau pembuluh darah diginjal, ya gagal ginjal..kalao di pembuluh darah utama ke kaki, kaki bisa diamputasi..
Kalau pembuluh darah jantung yang tersumbat....ya bisa serangan jantung. Kalau di otak..ya bisa stroke.Maka dari itu diabetes dikenal sebagai salah satu faktor resiko utama penyebab utama gangguan jantung dan pembuluh darah.
Selain komplikasi diatas, perlu Anda tahu bahwa jamur dan bakteri dan virus, senang sekali dengan kondisi diabetes ini...Karena pada kondisi diabetes sistem kekebalan tubuh biasanya menurun dan proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Jadi sering ditemukan pada penderita diabetes terkena infeksi jamur, keputihan terus menerus dan penyakit2 infeksi lainnya. Hal inilah yang kadang menyebabkan kematian pada penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar