09 April 2009

Part I : Lebih spesifik tentang Obat diabetes

Seperti yang saya janjikan di artikel sebelumnya...Kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang obat2 diabetes, faktor resiko dan komplikasi diabetes. Saya harap para pembaca, mungkin ada diantaranya yang mengidap diaetes ataupun merawat saudara yg terkena diabetes dapat lebih mengerti tentang pentingnya menjaga gula darah tetap stabil dan memahami bahaya dari penyakit ini.

1. Apa sih obat yang dipakai pada diabetes?
Ada 2 jenis obat yang dikenal sebagai GOLD standard atau Nomer 1 atau first line untuk diabetes.Yaitu Metformin dan Sulfonylurea (gliclazide, glimepride, glibenclamide dan glipizide)Dua jenis obat ini sudah terbukti secara klinis dapat menurunkan gula darah secara signifikan.Perbedaanya :- Metformin -> tidak dapat mengakibatan hypoglycaemia (gula darah terlalu rendah sampai pusing, berkeringat, tangan gemetar) dan juga tidak menyebabkan naiknya berat badan, sedangkan golongan sulfonylurea dapat.Nah..berarti sulfonylurea gak bagus dong....Enggak juga...- Sulfonylurea --> lebih aman digunakan bagi para penderita gangguan ginjal, dan lebih cocok untuk orang tua yang fungsi ginjalnya sudah menurun. Disamping itu, tidak memiliki efek samping fatal (penumpukan asam laktat) seperti halnya metformin.Jadi itu kembali lagi, tergantung pasiennya seperti apa dan nanti dokter yang akan menentukan.
Selain dua golongan ini, ada banyak lagi seperti glitazone, sitagliptin, repaglinide dan acarbose....Obat2 ini lebih cocok digunakan bersamaan/ kombinasi dengan metformin/sulfonylurea....supaya hasil nya lebih optimal.

Jenis terahir itu insulin, bentuknya cairan injeksi biasanya disuntikkan ke bawah kulit.
Ada yang bentuknya seperti pulpen, yang bisa di refill..Tapi jangan lupa, simpan refill yang tidak dipakai di dalam kulkasi 2-8 C dan BUKAN di FREEZER ya...Insulin bisa langsung rusak jika beku. Refill yang sedang dipakai bisa bertahan di suhu 25C selama 1 bulan.

2. Cara minum obatnya gimana....sesudah makan atau sebelum makan?
Karena obat2 diabetes di design untuk menurunkan gula darah....Maka sebaiknya diminum segera sesudah makan..Kalau diminum sebelum makan, gula darah Anda dapat turun teralu rendah. Jika hal ini sampai terjadi, permen adalah sahabat Anda. Makan 1-2 permen untuk membantu menaikkan gula darah Anda. Nah khusus untuk metformin, obat ini juga diminum setelah makan, tapi alasannya untuk mengurangi efek samping berupa gangguan perut (diare, mual)
3. Kalo gula darah sudah normal, diminum terus nggak obatnya....?
Umumnya obat-obat ini diminum dalam jangka panjang...karena jika obat dihentikan, dan gula darah naik lagi, sulit sekali untuk membawanya turun ke batas normal. Sebaiknya gula darah Anda diperiksa seminggu dua kali dengan Glucometer yang tersedia di apotik...(Jika anda type 1 diabetes, maka pemeriksaan gula darah dilakukan 3x sehari). Selain itu setiap 3 bulan sekali rutin mengukur HBA1c --> mengukur kadar gula rata2 selama 3 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar