22 Juni 2012

Sakit Perut setelah Minum Susu?

Halo Pembaca...

Saya terinspirasi rekan kerja saya dulu, yang sangat sensitif perutnya sama produk susu.
Makan pizza yang ada kejunya, sakit perut. Makan es krim vanilla, sakit perut, bahkan makan cheese ring, atau cheese ball yang rasa keju pun, juga sakit perut. Padahal produk turunan susu banyak macamnya & enak2..=) Saya pun mengalami demikian, meskipun tak separah rekan saya.

Hal diatas dinamakan lactose intolerant, artinya di dalam tubuh kita kekurangan enzim lactase yang tugasnya mencerna lactose/laktosa (gula kompleks) menjadi gula sederhana/ simple sugar yang mudah diserap. Padahal lactose ini terkandung pada susu. Karena laktosa tidak bisa dicerna, maka gula kompleks ini tidak bisa diserap oleh usus halus, dan terpaksa bertemu dengan bakteri pencernaan. Oleh bakteri, laktosa diubah jadi asam laktat dan gas. Makanya, gejala yang dialami setelah konsumsi produk turunan susu (dairy products): kembung, sakit perut, buang angin dan diare.  Seperti data pada tabel, memang secara statistik untuk kawasan Asia, ternyata cukup tinggi juga persentase orang yang mengalami Lactose Intolerant.
 
Nahh, buat pembaca yg mengalami hal yang sama, untuk mengatasinya yang bisa dilakukan:
  • Kalau urusan susu, saya pilih Soy milk/ susu kedelai, kalsiumnya dapet, dan malah ada yang diperkaya dengan Omega 3, dan vitamin2 lainnya. Ada yang sweetened (diberi gula) ada yang tanpa gula. Saya biasa beli yang tanpa gula
  • Bisa juga pakai Lactose Free Milk , susu yang sudah dihilangkan kandungan lactosenya (ada disupermarket, tapi biasanya cukup mahal)
  • Tetap makan dairy products, tetapi porsinya sedikit saja..Asal cicip yang penting sudah ngerasain.
  • Bisa juga gunakan tablet yang mengandung Enzim Lactase (jadi sebelum makan dairy products, dikunyah dulu tablet enzim lactase ini). Sayangnya, di Indonesia belum tersedia, jadi pesan dulu dengan teman saya di Australia.
Oke, segitu dulu sharingnya....

Ada yang ingin ditanyakan? Silakan gunakan form dibawah untuk bertanya atau kirimkan email anda ke dviolin8@hotmail.com.
Semoga bermanfaat!

Reference: www.lactose.com.au
Picture courtesy: venkman-project.deviantart.com

4 komentar:

  1. kalau sakit perut gara-gara meminum kopi apakah sama penyebabnya???
    terimakasih sebelumnya....
    http://abeepoenya.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hai, kalau minum kopi kemudian sakit perut, saya belum pernah dengar..kecuali yg diminum adalah kopi susu dan anda intoleran terhadap laktosa, mungkin bisa.

    BalasHapus
  3. Untuk gejala ini bisa terjadi kapan saja? Maksudnya dlu klo minum susu biasa saja, tpi sekarang setiap minum susu murni gejala seperti ini muncul. Sebenarnya apa penyebab kekurangan enzim lactase dan apa bisa disembuhkan?

    BalasHapus
  4. Umumnya saat beranjak dewasa mulai terasa. Saya mulai rasakan ketika SMA. Sebenarnya bukan penyakit ya..Karena memang semakin dewasa kita sudah tidak minum susu lagi seperti layaknya bayi/anak kecil, maka enzim lactase ini berkurang.

    BalasHapus