16 Juli 2012

Vitamin E, Tak Hanya untuk Kulit Lho..

Vitamin E sekarang sudah mulai populer, menyaingi vitamin C. Saya perhatikan, setiap mampir ke supermarket atau apotek di mal mal, untuk kategori vitamin, vitamin E berbaris mereknya dan cukup dikenal dikalangan masyarakat. Banyak dipersepsikan, vitamin E untuk kesehatan kulit wanita, kecantikan, dan anti aging. Padahal kalau di Negara lain seperti di Australia, vitamin E malahan banyak digunakan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Direkomendasikan buat mereka yang punya faktor risiko terserang penyakit jantung. Kenapa? Karena efek Antioksidannya, menghambat oksidasi LDL yang menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah

Vitamin E, sifatnya fat soluble atau larut dalam lemak..Sehingga obat obatan yang sifatnya menghambat absorpsi lemak seperti orlistat, biasanya menggurangi jg penyerapan vitamin ini.

Berikut tips memilih vitamin E yang baik:
  • Pilih yang "natural" vitamin E ketimbang yang sintetik. Karena bentuk natural vitamin E lebih mudah diserap tubuh.
  • Cara tahunya natural gimana? Lihat pada kemasan, temukan d-alpha-tocopherol, atau d-alpha-tocopherol acetate. Vitamin E sintetik bentuknya: dl-alpha-tocopherol. (ada tambahan huruf L)
  • Bentuk vitamin E yang dianjurkan adalah d-alpha-tocopherol
  • Dosisnya: Gunakan 100-400 IU per hari. Terlalu banyak vitamin E (diatas 400 IU per hari) justru meningkatkan risiko kematian.
  • Sumber vitamin E: alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun dan sayuran berwarna hijau

Buat yang sudah pakai vitamin E, ternyata ada tambahan manfaatnya lho...Buat yang ingin membeli, perhatikan baik baik label pada kemasannya ketika memilih dan gunakan sesuai aturan pakai.

Semoga bermanfaat.

Referensi: Prescription for Nutritional Healing, 2008
http://www.pbm.va.gov/vamedsafe/VA%20MedSafe%20Bulletin-Vitamin%20E.pdf

Ada yang ingin ditanyakan? Silakan gunakan form dibawah untuk bertanya atau kirimkan email anda ke dviolin8@hotmail.com. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar