25 Maret 2009

Pola makan sehat mencegah diabetes

Masih terkait dengan artikel diabetes sebelumnya...
Ada salah satu pembaca yang bertanya, makanan apa yg harus dihindari untuk mencegah diabetes pada usia dini (diabetes type 2)?

Di Amerika, banyak anak-anak kecil yang sudah menderita diabetes type- 2. Tidak itu saja, obesitas pun mengintai mereka. Hal ini selain mungkin ada faktor genetis, pola makan yg salah juga turut berperan. Tubuh manusia pada dasarnya tidak didesign untuk menerima gula secara berlebihan dlm jangka panjang. Konsumsi soft drink stiap hari yg high sugar content, junkfood yang high salt, high fat with low energy ini selain mengakibatkan obesitas/kegemukan, juga membuat insulin kita tidak sensitif lagi terhadap naiknya kadar gula dalam darah.

Jadi tanamkan pola makan yang baik sejak dini, jangan dikira...Ah gapapa masih kecil, boleh makan apa saja...Perlu diingat bahwa akibat yang dirasakan mungkin tidak skarang, tetapi nanti dikemudian hari.

Pola makan yg sehat adalah pola makan dengan kandungan gizi seimbang yang mengandung:
- Karbohidrat sebagai asupan tertinggi: nasi, jagung, gandum, cereal, beras merah
- Protein : ayam, ikan, daging, tahu, tempe...Dimana satu kali sajian sebesar kepal tangan. Jadi kalau anak kecil, ya berarti jumlah proteinnya sebesar kepal tangan si anak. Kalau dewasa, seukuran kepal tangan orang dewasa.
- Sayuran dan buah-buahan. CUCI dulu sayur dan buah, karena banyak sayur yang disiram dengan air sungai supaya terlihat segar.
- Air putih.
- Permen, ice cream, kue sah sah saja dimakan, tetapi dalam jumlah sedikit.

Yang perlu dikurangi:
Junk food & fast food termasuk : gorengan; makanan tinggi garam, tinggi lemak sperti fastfood2 yg menjamur difoodcourt kita...
Makanan tinggi gula & softdrinks


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar