13 April 2009

Cold and Flu, Serupa Tapi Tak Sama


Hari gini.....
Cold and Flu meraja lela, apalagi ditambah cuaca yang tidak menentu dari panas terik ke hujan lebat. Saya sendiri terkapar gara-gara virus virus ini, long weekend jadi di RS alias di Rumah Saja. Mungkin Anda pembaca juga pernah mengalami kesalnya kalo terserang Cold & Flu. Badan lemas, napsu makan turun, jadi males kemana-mana. Produktifitas kerja pun turun secara signifikan.

Namun demikian, tau kah anda apa yang disebut dengan COLD dan apa yang disebut dengan FLU? Atau kah keduanya sama saja?
Saya sering mendengar dilingkungan kita.."Wah gue kena flu nih...Batuk pilek terus" Mungkin masih rancu buat masyarakat kita untuk membedakan mana yang disebut dengan COLD dan mana yg disebut FLU. Paling tragisnya adalah saat saya bertanya "Terus minum obat apa?" dan mereka menjawab "Amoxycillin" atau " Rovamycin" Oh tidak..

Yang jelas COLD dan FLU itu berbeda. Memang mirip, tapi tak sama.
Common Cold, isitilah ngerinya adalah acute viral rhinopharyngitis atau dalam bahasa awamnya adalah Batuk Pilek....itu terutama disebabkan oleh Rhinovirus. Rata-rata cold ini berlangsung selama 7 hari dengan gejala awal: tenggorokan gatal & sakit. Diikuti dengan bersin, pilek, hidung tersumbat, batuk, suara serak, sakit kepala, meriang, badan terasa tidak enak secara keseluruhan. COLD ini gejalanya relatif ringan, demam pun hanya hangat-hangat kuku..berkisar 37.5C dan biasanya tidak berlangsung lama. Jadi seseorang yang terkena common cold, masih bisa ke mall, masih bisa kerja meskipun tidak optimal.

Lain halnya dengan FLU...Flu berasal dari kata Influenza disebabkan oleh Influenza virus. Virus ini yang sering kita dengar membahayakan karena di identikkan dengan virus flu burung. Benar, mereka masih satu family influenza virus, namun virus flu burung berbeda variennya, yaitu H5N1. FLU pada umumnya memberikan gejala yang lebih berat dari pada common cold, diantaranya : demam tinggi (diatas 38.5C), menggigil, badan dan persendian terasa sakit, pilek, batuk parah, badan lemas dan dapat disertai sesak napas. Nah terasa kan bedanya....Jadi jika seseorang mengatakan..Wah gua kena Flu nih, tapi masih bisa kerja, ngemol atau ngegossip..Itu namanya bukan FLu, melainkan Common Cold.

Kemudian, apakah obat untuk COLD dan FLU? Antibiotik seperti amoxycillin kah?

Bersambung di artikel selanjutnya.."Antibiotik bukan solusi Cold & Flu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar