28 Juni 2009

Enjoy travelling, bebas mabok

Seneng rasanya mau travelling apalagi musim liburan anak sekolah...Ke gunung, ke pantai, masuk hutan..Tapi terkadang dalam perjalanan, mabok darat/laut menyerang, mual, pusing, muntah..Yah.. ga bisa enjoy the trip deh. Pemandangan seindah apapun gak bakal jadi menyenangkan. Tapi tenang, motion sickness bisa dicegah atau paling tidak dikurangi.

Motion sickness ato mabuk darat/mabuk laut sebetulnya merupakan respon dari otak, akibat misinformasi antara mata dan organ keseimbangan kita.

Saat anda berkendara, naik mobil misalnya, jalannya bergejolak banyak batu, berliku tajam, kemudian anda saat itu sedang membaca buku. MATA Anda berkata: tulisan pada buku itu DIAM...atau paling tidak, mata kita berusaha sekuat mungkin supaya tulisan itu terbaca dengan cara mendiamkannya. Tetapi, telinga dalam (organ keseimbangan) Anda berkata, tubuh Anda BERGERAK karena jalanan bergejolak dan berliku. Ketidakcocokan informasi yg diterima otak inilah yang mengakibatkan motion sickness. Otak mengira, badan bergerak tetapi informasi dari mata bilang berkata diam, yang dipersepsikan sebagai halusinasi oleh otak kita. Respons mual/muntah itu adalah upaya otak mengeluarkan zat yang mungkin menyebabkan halusinasi, yang sebetulnya tidak ada sama sekali.

Bersyukurlah jika Anda mengalami motion sickness, berarti sistem tubuh Anda masih berfungsi dengan baik. Tapi bagi yang tidak mengalami motion sickness, bukan berarti Anda tidak sehat...tetapi mungkin Anda tidak se-sensitif mereka yg sering mengalami mabok darat/laut.

Supaya travelling tetap fun, berikut ini adalah tips2 untuk mencegah/ mengatasinya:
- Hindari baca buku/bermain HP saat bepergian didalam kendaraan
- Coba buang pandangan keluar jendela, lihat titik yang jauh
- Pilih duduk dimobil bagian depan/ kalau dipesawat di dekat sayap
- Sediakan tablet jahe, atau manisan jahe, karena jahe berfungsi sebagai antimual.
- Gunakan bantal kecil sebagai head rest,untuk mengurangi pergerakan dibagian kepala
- Hirup udara segar (buka jendela kalau dimobil)
- Hindari makan terlalu berat sebelum bepergian

Enjoy travelling!

Dea Pitasari
Adopted from: Australian prescriber, June 2009.
Picture courtesy: www.dreamstime.com

3 komentar:

  1. jahe tablet di jakarta dijual dengan nama apa ya? -larissa

    BalasHapus
  2. Jahe tablet mungkin belum umum dijual di apotik2 biasa di Indonesia,tetapi untuk apotik yg menjual produk impor, jahe tablet sering disebut dengan Ginger tablet/Ginger root capsules for travelling.

    BalasHapus
  3. Tablet Jahe kini tersedia di apotek terdekat, namanya Herba Vomit.

    BalasHapus