15 Juni 2009

Hindari Kambuhnya Eksim

Kulit gatal, merah, bersisik, kering, dan menebal itu dia ciri khas eksim. Kalo sudah kumat, gatalnya wuih bukan main..Jari jemari sudah tak sabar menggaruk, saking asiknya garuk bisa2 kulit berdarah akibat digaruk teralu keras.
Nah supaya tidak sering kambuh, berikut ini tips2 buat para pembaca, untuk menjaga eksim tetap terkendali, jarang kumat dan bahkan membaik.

1. Hindari zat-zat yang bisa menimbulkan iritasi seperti:
Sabun mandi, air panas, parfum, detergent, pengawet. Artinya...
Kalo mandi, pakai air dengan suhu tidak panas, menggunakan Soap FREE wash (bisa dibeli di apotik), pilih produk yang NON-perfumed, dan hindari kontak langsung dengan detergen. Sehabis mandi, handukan, tapi jangan anggap kulit sperti amplas ya...Lap tubuh dengan secara handuk perlahan, tanpa menggosoknya keras-keras, jadi dengan PAT DRY saja.
Knapa sih repot amat?
Karena pada penderita eksim, struktur kulitnya berbeda dengan kulit normal...Kulit eksim sangat kering, rentan dan sensitif. Kalau dihadapkan dengan sabun/air panas, jelas makin parah. Sabun sifatnya mengangkat minyak alami tubuh yang berfungsi melembapkan. Air yang panas langsung menghantam sel sel kulit yang sensitif, parah lagi kalau sabunnya wangi, karna ada parfumnya..terus mandinya berjam-jam...Hasilnya?? Garuk-garuk terus habis mandi.

2. Hindari pemicu eksim
Karena eksim erat kaitannya dengan alergi, maka ada beberapa makanan yang perlu dihindari. Hal ini sangat bervariasi, tergantung masing-masing individu. Pada umumnya, berikut adalah makanan yg kerap memicu eksim:
seafood, telor, gluten, pengawet makanan. Kalau ingin lebih akurat, perhatikan saja makanan yg Anda konsumsi dan kambuhnya eksim. Dari situlah, Anda bisa mengetahui apa yang sekiranya dapat memicu eksim dan patut dihindari.
Selain itu, si jahat "Stress" juga bisa memicu eksim loh. Karena pada waktu anda Stress, tubuh melepaskan zat kimia yang mengakibatkan rasa gatal yang hebat. Kalao sudah begini, relaksasi dan stress management penting banget tuh.

3. "Keep it moist!"
Menurut therapeutic guidelines, Dermatology, Moisturiser adalah hal utama dalam menjaga eksim tetap terkendali. Oleskan moisturiser setelah mandi dan sesering mungkin, apalagi jika anda berada di daerah kering, dingin atau sedang dikantor dengan berfull-AC ria. Milih moisturisernya gimana? Simpel saja, sorbolene atau aqueous cream cukup bermanfaat. Hindari yang wangi, cari yang bertulisan "hypoallergenic", Free from preservative, for dry sensitive skin.

Mengoles moisturiser juga ada tekniknya, tidak sembarang tempel. Kalao asal, bisa jadi eksim kumat. Caranya, letakkan moisturiser (umumnya berupa cream/ointment/lotion) ditelapak tangan Anda, gosok kedua telapak tangan, barulah oleskan pelembap di daerah yg ber-eksim. Mengolesnya juga dianjurkan satu arah, hal ini untuk mengurangi iritasi eksim akibat gesekan pada waktu mengoles pelembap.

Perlu diingat bahwa jika eksim kambuh berkali-kali dan sifatnya meluas, maka hal tsb harus diperiksakan ke Dokter. Tips diatas hanya untuk me-maintain eksim supaya lebih bersahabat.

Semoga bermanfaat!!
Baca juga: Terapi Natural untuk Eksim Kulit

5 komentar:

  1. Info yang bagus... Kalo ane pake sabun langsung di kulit.a... srok srok.. udah gtu, pas anduk.an, sekalian garuk2.. jadi, srokosrok...

    Daerah.a ga menguntungkan bgt sih,, di lipatan paha T_T

    BalasHapus
  2. Apakah eksim bisa dikatakan penyakit keturunan? karena nenek saya menderita eksim yang kemudian ibu saya beserta adk2 dari ibu saya juga menderita eksim.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas pertanyaannya..Menurut literatur, ya eksim bisa dikatakan penyakit keturunan, ada gen tertentu yang membawa sifat dari eksim yang diturunkan, tetapi juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan.

    Sebagai referensi: http://www.eczema.org/DrySkinandAtopicEczema.pdf

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya. Sangat menambah pengetahuan tentang eksim yg saya derita. :)

    BalasHapus