03 Agustus 2009

Stop Merokok Yuk!!



Cewe cowo, tua muda makin banyak yang merokok nih..Malah trend merokok makin naik dikalangan kaum hawa, ga mau kalah sama cowo kali ya..Hmm padahal kalau tahu bahayanya, mungkin mereka akan berpikir ratusan kali untuk terus merokok. Tidak dapat dipungkiri, merokok itu adiktif alias bersifat "nyandu", bahkan kecanduan merokok sama kuatnya dengan kecanduan heroin atau obat2an terlarang.

Sering kita liat dipapan2 billboard iklan rokok ditulis "Merokok dapat mengakibatkan serangan jantung, kanker, impotensi, gangguan kehamilan" Tapi kenapa bisa gitu sih...yang jelas, nicotine dan 4000 zat lain pada rokok itu sifatnya mengecilkan pembuluh darah ato bahasa medisnya vasoconstritive agent.
Bahayanya apa? Jelas bahaya bgt, pembuluh darah manusia kan penting bgt buat supply oxygen dan makanan untuk organ kita...Pada jantung, menyempitnya pembuluh darah bikin serangan jantung! Kalau di otak, apalagi kalo bukan Stroke. Kalo pada organ2 reproduksi bisa impotensi (pada pria) dan gangguan janin (pada wanita). Belum lagi rokok yg sifatnya carcinogenik, makanya sering dijumpai kanker lidah, kanker mulut, kanker paru dsb pada perokok. Dan kanker2 ini umumnya sulit untuk diobati dengan tingkat mortality (kematian) yg cukup tinggi.

Well the GOOD NEWS bagi para perokok baik ringan maupun kelas berat, TIDAK ADA KATA TERLAMBAT untuk STOP merokok. Dari bukti2 medis, meskipun perokok kelas beratpun dapat merasakan keuntungan stop merokok dalam 7 hari, seperti napas jadi lega, indera pengecap lebih tajam, badan lebih segar karna kandungan CO (carbon monoxide) turun drastis sehingga anda memiliki kandungan oxygen lebih tinggi dalam darah. Setelah 5 tahun bebas rokok, resiko kanker dan serangan jantung turun drastis, sama dengan mereka yang bukan perokok. WOW!!

Nah, tunggu apa lagi...Buat para pembaca yg ingin/ sudah siap untuk stop merokok, ada tips-tipsnya nih supaya sukses dan pergi dari rokok forever.
1. Buang & Jauhi segala hal yg dekat dengan rokok terutama dalam 2 minggu kritis pertama. Korek, kepulan asap, teman2 perokok, hal2 yang mengasosiasikan anda dengan rokok jauhi semua. Hati-hati, 1 batang rokok bisa membuat anda terjerumus lagi dalam merokok dan sulit berhenti lho
2. Do something else. Kalo lg kambuh pengen rokok, alihkan perhatian, kerjakan yg lain, bikin diri anda sibuk..entah dengan chatting, nulis blog, makan permen dsb
3. Drink. Sediakan sebotol air putih, begitu hasrat merokok timbul, minum air yang banyak.
4. Cari teman stop merokok bareng biar lebih semangat dan saling kasih support.
5. Konsultasikan diri ke dokter, karena sudah ada obat terobosan baru (dengan resep) yang dapat membantu stop merokok. Obat ini menghambat rasa pleasure atau rasa senang yang terkait dengan merokok. Dari pengalaman saya, mereka yg meminum obat ini, bakal lari menjauh kalau mencium asap rokok. Bisa dibilang cukup efektif juga!
6. Hypnotherapy juga bisa lho untuk berhenti merokok yaitu dengan mengunakan alam bawah sadar kita untuk melupakan/membuang jauh2 kebiasaan itu.
7. Website bagus buat smokers...www.quit.org.au

So tidak ada alasan lagi untuk males stop merokok, berhenti dari merokok bukan lagi menjadi hal yang sulit, kalau ada tekad bulat dan niat yang kuat ditambah dengan tips2 diatas, pasti bisa dilakukan.
Selamat mencoba!


Dea Pitasari

Adopted from: Therapeutics Guideline - Smoking Cessation
www.quit.org.au
Image adopted from: http://www.quitsmokingcounter.com/blog/2008/10/17/5-quick-stop-smoking-tips/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar