01 November 2010

Bulimia...watchout girls!

Cantik - kurus - langsing

Itu dia yang banyak di persepsikan orang untuk menjadi cewe yg purrfect.. Hmm...Padahal belum tentu juga loh...Apalagi kalau nggak sehat, cantik pun juga jadi luntur.

Bulimia nervosa salah satu eating disorder (gangguan dalam pola makan) dimana penderita makan banyak setelah itu di "keluarin" lagi..Tapi biasanya sih berat badannya normal normal aja ya..Jadi kadang mereka bisa keep the secret sampai lama..Tanpa diketahui orang lain..
Beberapa gejala yang biasa timbul dan perlu diwaspadai
  • Olahraga secara berlebihan
  • Minum obat-obatan pencahar
  • Sering sakit tenggorokan
  • Gigi banyak terlihat rusak karena terkena asam lambung
Bulimia nervosa, ada kaitannya dengan bagaimana mereka mempersepsikan "body image" mereka..Mereka ingin sekali kurus, tetapi menurunkan berat badan dengan cara yang kurang tepat..Kalo udah gini, harus diobati, karena bulimia bisa berakibat buruk bagi kesehatan.
Satu, bisa kekurangan nutrisi (bisa masuk RS) Dua..bisa menggangu kesehatan organ tubuh termasuk organ reproduksi, siklus menstruasi bisa terganggu juga tuh..

Nah kalau ada teman atau anggota keluarga yang terlihat seperti gejala diatas, kontak dokter atau psikolog untuk membantu penyembuhannya ya..
Ada treatment dari sisi psikologis seperti Cognitive Behavioural Treatment/ psikoterapi, tetapi ada pula, pengobatan dari segi medis dengan obat yang dapat diberikan menggunkan resep dokter.

So girls..just be healthy and be beautiful naturally..

Dea Pitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar