20 Januari 2010

First Aid Menghadapi Diare

Diare sudah ga asing lagi di telinga kita..Mendadak mules, bolak balik ke belakang, perut kembung, mengamuk bergejolak..Nah pengobatan & pantangan kalau diare, sudah banyak yang tau pastinya, tapi beberapa masih ada yg keliru...Biar jelas, ini dia First Aid Ngadepin Diare.

1. Yang utama & paling penting: Oral rehidrasi.
Alias minum larutan elektrolit, biasa dijual di apotik. Kalau minum air gula doang boleh gak..Hmm..kalo gula doang, bisa tambah diare loh...Soalnya, kuman penyebab diare tu cukup unik. Doi nempel kuat diusus, mengacaukan pertukaran ion-ion Na (natrium) dan gula diusus. Kalau dikasi gula aja, air dari sel, semua masuk ke usus, jadi tamba diare deh...Makanya, penting banget, GULA dan GARAM dengan perbandingan: 2 sendok teh gula, dengan 0.5 sendok teh garam dalam 250mL air matang. Diminum setiap habis buang air besar.

2. Ada obat yg bisa diminum? Banyak....tapi umumnya diare pada dewasa, sembuh sendiri dalam 48 jam. Karena biasanya virus sebabnya, jd tubuh sendiri yg ngelawan.

Perlu gak, minum obat biar mampet gak kebelakang lagi? Boleh, tapi....Diare tu ada maksudnya lho..Tujuannya, mengeluarkan bakteri/racun yang ada diusus. Kalo disetop..ga bisa keluar donk...Jadi obat penyetop diare boleh diminum, jika diare sudah berkali kali dalam sehari. Untuk diare tahap awal, misalnya baru 1-2x, kurang dianjurkan.

Kalau balita, 24 jam diare tidak berhenti, wajib ke Dokter/RS.
Karena anak2 rawan bgt sama dehidrasi. Obat penyetop diare ga bole diberikan pada anak < 12 taon, karena obat menyetop pergerakan usus. Kemampuan usus anak2 balik seperti awal masi rendah..Lah kalo ususna berenti selamanya...hmmm gawat. 3. Kalau Diare ga berenti juga, atau dibarengi demam, mual, berak darah, dan hilangnya nafsu makan....harus ke Dokter. Bisa - bisa kena tipes atau traveller's diarea atau kuman lain yang mesti dibasmi pakai antibiotik.

Kalo lagi diare, say NO to....:
1. Yang mengandung susu. Pas diare, usus lagi terganggu enzim2nya buat mencerna susu..Jadi, diare bisa tamba hebat kalo minum susu.
2. Apapun yang bersoda/ berkarbonasi, karena bikin kembung

Macem-macem obat diare :
  • Loperamide : menyetop diare
  • Attapugite : menyerap racun, memperbaiki konsistensi feses
  • Kaolin & Pectin: memperbaiki kekentalan/konsistensi feses
Okee...Semoga bisa menambah pengetahuan pembaca ya...
Jadi bisa memberikan pertolongan pertama pada saat diare kapanpun, dimanapun.

Dea Pitasari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar