17 September 2011

Ingin Hilangkan Bau Kaki? Simak ulasannya

Bau kaki, wah bikin gak PD saat mau lepas sepatu. Takut teman sebelahnya mencium aroma tak sedap kaki, dan walhasil jadi malu kalau mau bertamu dimana harus melepas sepatu. Nah untuk menghilangkannya, saya ulas dulu nih apa sebab musabab kaki menjadi bau

Alasan utama dari bau kaki ini adalah bahwa kita berkeringat setiap hari, dan kebetulan di dalam tubuh kita, kelenjar keringat lebih banyak terletak di telapak kaki, dahi, pipi, dan telapak tangan.  Umumnya, bau yang ditimbulkan dapat berasal dari keringat kita sendiri yang menempel pada pakaian dan tidak dibersihkan, atau juga dapat berasal dari bakteri/jamur.

Yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki adalah antiprespirant, bisa dicari disupermarket atau apotik, dengan bahan aktif garam aluminium. Garam ini berfungsi untuk mengurangi keringat dengan menutup pori2 serta menutup kelenjar keringat dikulit kita. Keringat berkurang --> bau kaki pun berkurang.
Tetapi jika kaki berjamur (gatal, merah, kulit terkelupas biasanya disela sela jari kaki), maka harus menggunakan obat anti jamur: clotrimazole, miconazole. Cara pemakainnya pun harus diperhatikan, oles 3-4 x sehari selama 3 minggu. Dipakai 3 minggu supaya tuntas ke akar akarnya, karena jamur sering datang kembali jika hanya dipakai dalam waktu singkat, karena ada jamur yang bersembunyi dilapisan bagian bawah kulit kita.

 Selain diatas, ada juga tips untuk mengurangi keringat pada kaki:
  • Hindari alas kaki yang terbuat dari karet karena jenis karet ini tidak menyerap keringat dengan baik
  • Ganti kaos kaki ketika sudah terasa lembap
  • Gunakan sepatu secara bergantian, supaya sepatu yang baru digunakan kering dan tidak lembap
Semoga bermanfaat!

References: Australian Pharmacist July 2011. Smelly feet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar