01 September 2011

Terapi Natural Untuk Eksim pada Kulit

Update dari artikel sebelumnya tentang Hindari kambuhnya eksim sekaligus menjawab pertanyaan pembaca tentang terapi natural untuk membantu mencegah eksim yang kambuh, berikut adalah ulasannnya.


Tanaman Evening Primrose
  • Evening Primrose Oil (EPO). Sejenis minyak biji tanaman, yang mengandung asam lemak essensial Gamma linolenic Acid,  yang membantu mengurangi peradangan. Studi yang melibatkan 1,207 pasien menemukan bahwa EPO bermanfaat lho untuk eksim, mengurangi gatal, kering, bengkak, berair dan kemerahan pada kulit. EPO aman digunakan untuk anak dan dewasa.  EPO ini dikemas dalam bentuk liquid dan softgel. Perlu diperhatikan untuk yang liquid, perlu disimpan di suhu dingin  di kulkas, (bukan di freezer ya) supaya kondisi minyak tetap terjaga dan tidak sangit. Dosis yang dianjurkan 2-8 gram sehari dengan  kandungan GLA 8%.  Beberapa jenis obat ada yg tidak dianjurkan minum bersamaan, maka konsultasikan dahulu dengan dokter/ apoteker sebelum mengkonsumsi EPO,                                                                                               
  • Vitamin E terbukti efektif mengendalikan gejala eksim. Studi pada 100 pasien yang mengkonsumsi 400 IU Vitamin E sekali sehari, menyatakan, setelah 8 bulan mengkonsumsi vitamin E, 14% gejala eksim hilang, 8% sedikit membaik dan 46% membaik. 
    Pilih yang mana, silakan konsultasikan dahulu, karena setiap suplemen juga seperti obat, ada efek samping dan ketentuan penggunaannnya.
    References: 
    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK49357/
    http://www.umm.edu/altmed/articles/evening-primrose-000242.htm
       


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar