07 Januari 2012

Sakit Tenggorokan, Perlukah Antibiotik?

 Halo Pembaca,
Belum lama ini tenggorokan saya sakit banget, apalagi pas bangun pagi, buat menelan aja sakit, bahkan buat menguap saja sakit. Saya liat dikaca, wah bener merah merona tenggorokan saya. Waduh berati kena "radang tenggorokan" nih.

Tetapi saya mau mencoba, secara teori kan memang sakit tenggorokan ini 95% disebabkan oleh virus, dimana tidak perlu antibiotika. Saya coba terapi tanpa antibiotika.  Memang kalau di luar negeri, seperti di Australia, ke dokter kalau sakit tenggorokan atau flu paling disuruh istirahat aja.  So, saya mau coba dan yang saya lakukan adalah:
- Istirahat total, bed rest
- Saya minum vitamin  C 500 mg setelah makant; untuk meningkatkan kekebalan tubuh
- Saya buat minuman serba hangat ( teh hangat, air hangat), minum pelan-pelan tapi sering.
- Saya gunakan jg sore throat lozenges (permen untuk sakit tenggorokan, yang sugar free , 1 lozenge setiap 3 jam ). Dengan kita menghisap lozenges, secara otomatis produksi saliva/air liur kita meningkat, dan hal ini membantu membasuh tenggorokan dari virus penyebabnya.
- Makan makanan yang bergizi dan berkuah, pantang makan gorengan.
- Minum Fish Oil 1000 mg; suplemen sehari hari saya yang memiliki fungsi anti radang
Alhasil, lumayan juga..Menelan mulai tidak sakit dan lama kelamaan berangsur hilang setelah 3-4 hari. Silakan dicoba, tetapi kalau sakit tenggorokan disertai demam tinggi,pegal - pegal ataupun bintik bintik putih pada tenggorokan segera ke dokter. Kemungkinan Anda memerlukan antibiotika.

Semoga bermanfaat =)

Picture: http://bobostromstudio.com/BobOstrom/82-2/

1 komentar:

  1. thanks dan jangan lupa 30mg zinc/day minimal untuk immune

    BalasHapus