06 November 2011

Kaki Nyaman Pakai High Heels

Halo pembaca...
Saya menulis artikel ini terinspirasi dari pengalaman kaki saya sendiri yang menderita gara gara pakai high heels atau sepatu berhak tinggi dari pagi sampai malam. Saya mengalami pegal, nyeri pada telapak kaki dan keesokan harinya, jari jemari bagian bawah menghitam dan terasa kebal.

Saya coba mempelajari apakah memang demikian, efek menggunakan high heels dilihat dari sisi medis?
Ini dia saya sharing apa yg saya temukan...
  • Penelitian terhadap wanita yang mengikuti treadmil menggunakan high heels, terbukti beban terfokus pada bagian depan kaki
  • Lebih parah kalo udah pake high heels, ujung depan sepatu menciut pula. Selain kaki terbeban dari atas karena berat tubuh kita, jari jemari juga terhimpit dari samping karena bentuk sepatu yang mengecil pada bagian ujung. Inilah yang biasanya menyebabkan nyeri pada jari kaki atau disebut metatarsalgia.
  • Penggunaan high heels tidak dianjurkan untuk dipakai sehari hari, karena dapat menyebabkan perubahan bentuk kaki secara perlahan serta nyeri pada tumit/telapak, dan meningkatkan resiko terjatuh yang bs berakibat patah tulang.
Tips tetap nyaman pakai high heel :
  • Pilih yang nyaman, ukurannya pun pas, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar.
  • Gunakan shoe cushion sebagai shock absorber untuk kaki anda
  • Cari yang hak atau heels yang agak tebal, supaya lebih stabil
  • Perhatikan kecuraman dari sepatu, ada yang high heels tetapi diimbangi bagian depan sepatu yang dipertebal ketinggiannya, sehingga lebih landai. Ini lebih dianjurkan ketimbang sepatu yang hanya tinggi dibelakang saja.
  • Dianjurkan menggunakan sepatu dengan bagian ujung depan terbuka (open-toe shoes).
Oke, itu dulu sharing yang saya dapat, Semoga bermanfaat!! 


http://women.webmd.com/features/tips-to-avoid-foot-pain-from-high-heels?page=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar