18 September 2012

Nyeri Tulang Belakang, Jangan-jangan AS

AS, yang saya maksud adalah Ankylosing Spondilitis. 

Belakangan ini ada rekan yang bertanya tentang salah satu obat untuk Ankylosing Spondilitis.
Saya pernah diajarkan di universitas dahulu tentang penyakit autoimun (karena kekebalan tubuh kita sendiri yang lebay dan ngawur) tetapi untuk menjumpai pasien kasus AS ini pengalaman pertama saya, pasiennya pun masih muda sekitar 20 tahun.

Saya belajar lagi, buka literatur lagi, berikut saya sharing apa yang saya dapat.
AS disebabkan karena sistem imun kita yang berlebihan, dan menyerang tubuh kita sendiri, yaitu dibagian ruas tulang belakang. Biasanya dijumpai pada pria (3:1). Gejala utamanya nyeri dan kaku. Lama kelamaan, postur tubuh pun terganggun, menjadi bongkok. 

Jangan khawatir, ada obatnya..
Pengobatannya beragam mulai dari antiradang biasa, sampai imunomodulator (obat yang menekan sistem imun yang berlebihan) seperti methotrexate, corticosteroid. Nah obat yang baru adalah adalimumab (injeksi), yang menekan sistem imun. Tetapi obat ini belum tersedia di pasar Indonesia. Saat ini sudah terdaftar di BPOM, tetapi masih dalam proses impor.  Nah berikut gambar nya ..

Peradangan di ruas tulang belakang

Lama kelamaan mempengaruhi postur
Oke segitu dulu yang saya bisa share, bagi yang mengalami gejala - gejala di tulang belakang, di segera konsultasikan ke dokter ya...

Semoga bermanfaat

Reference http://www.spondylitis.org/about/as_treat.aspx
Picture courtesy: basdai.com, medindia.net

2 komentar:

  1. permisi Mbak, mau tanya saya sedang browsing tentang adalimumab dan kebetulan bertemu dengan artikelnya.
    Saya ingin tanya setelah 4 tahun (artikel Anda 2012), bagaimana penggunaan adalimumab sejauh ini terhadap pasien AS? Apakah prevalensi AS di Indonesia cukup tinggi? Jika ada, bisa tolong di share sumber datanya? Terimakasih banyak untuk tanggapannya,

    BalasHapus
  2. Sejak 2008 praktek, pasien AS sejauh ini saya baru bertemu dua orang. Untuk literatur saya browsing dapat literatur ini.
    http://reumatologi.or.id/var/rekomendasi/Rekomendasi_IRA_Spondiloartropati_2014.pdf. Silakan bs untuk dibaca. Thanks pertanyaannya :)

    BalasHapus