08 Oktober 2012

Tonsilitis, Operasi nggak ya..

Tonsilitis atau radang pada tonsil atau sering juga disebut dengan amandel. Tonsilitis disebabkan karena meradangnya tonsil yang dipicu oleh virus dan kuman. Sebetulnya, kita memerlukan tonsil ini untuk pertahanan tubuh awal dari makanan yang kita makanan dan udara yang kita hirup.  Tapi kalau pagar makan tanaman..Repot juga nih!

 Kemarin saya sendiri mengalami tonsilitis, karena setelah mengalami flu dan batuk, terus makan gorengan, minum es...Nah keesokan paginya langsung sakit tenggorokan, karena kamar menggunakan AC, sehingga membuat udara yang saya hirup kering, otomatis tenggorokan saya pun jadi kering dan tambah sakit deh. Untuk pertolongan pertama saya biasa pakai Sore Throat Gargle yang mengandung chlorhexedine, kalo ngga ada, pakai obat kumur dengan kandungan povidone iodine jg boleh. Terus lanjut pakai sore throat lozenges yang sugar free. Tunggu sehari, dua hari nggak mempan juga, saat nya ke dokter.

Cara mendeteksi tonsilitis gimana? cara tahunya mudah, buka mulut, lihat dikaca...tenggorokan memerah? Tonsil membesar? terdapat bintik atau selaput berwarna putih pada tonsil? Bisa jadi anda terkena tonsilitis. 
Jika anda mengalami, segera ke dokter untuk diberi obat resep, umumnya golongan antibiotika dan antiradang. Kalau intensitas radang tonsilnya jarang, masih mending..Tetapi..kalau berkali kali dan hal ini berlangsung bertahun-tahun dan setahun lebih dari 5x mengalami tonsilitis..wah mesti mulai berpikir untuk diambil tonsilnya.. Operasi ini disebut tonsilektomi dengan bius total..Setelah operasi, keesokan hari sudah bisa kembali ke rumah, namun biasanya diperlukan waktu 1-2 minggu untuk pemulihan lukanya. Konsultasikan dulu diri anda ke Dokter dalam memutuskan.

Semoga bermanfaat!

ref. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003013.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar