20 Mei 2009

Pilah Pilih Fish Oil yang Baik

Begitu masuk apotik di mal-mal besar, tidak jarang Anda dihadapkan dengan puluhan pilihan suplemen. Bukannya beli, malah bingung, dan karena bujuk rayu sang sales assistant malah beli yang lain, atau mungkin beli barang yang sedang diskon.

Secuil dari pengalaman saya..
Saya masuk ke apotik di suatu pusat perbelanjaan. Seperti biasa, para sales assistant berkerumun mendekati saya..bertanya, "Ada yang bisa dibantu?"
Kemudian saya menjawab : "Mbak, fish oil disebelah mana ya?"
Bukannya menunjukkan letak fish oil dimana, eh malah Ia menyodorkan saya sebotol produk didepannya tertulis besar OMEGA-3 tapi begitu saya lihat isinya, itu bukan fish oil. Melainkan minyak dari tumbuhan, yang jelas bukan incaran saya.
Wah dalam hati, jika saya orang awam, ya mungkin saja langsung membelinya karna bujuk rayu sang sales girl...

Nah karena itulah, saya tergerak untuk membagi tips-tips pada para pembaca, bagaimana membeli fish oil yang baik. Saya memilih fish Oil atau minyak ikan karena suplemen ini merupakan suplemen yang sering dijumpai dan dibeli di apotik.

1. Usahakan pilih produk yang mencantumkan statement "Mercury tested"
Mengapa? karena polusi air laut dunia mengakibatkan ikan-ikan laut mengandung logam berat seperti Mercuri (Hg) yang dapat meracuni tubuh. Statement mercury tested, berarti produk sudah lolos uji, bahwa kandungan merkuri cukup rendah dan tidak berbahaya bagi tubuh.
2. Kalau kemasan transparan, lihat apa terlihat jamur/ warna putih yg tidak beraturan pada capsule.
3. Bolak balik kemasan, apabila kapsul2 saling berlekatan satu dengan yg lain, ada kemungkinan produk sudah lama/rusak.
4. Lihat bahan aktifnya...Squalene, cod liver oil dan Fish Oil TIDAKlah sama! Squalene = minyak hati ikan hiu, cod liver oil = minyak hati ikan cod. Keduanya mengandung vitamin A yg sangat tinggi..(hati-hati bagi para ibu hamil), yang baik untuk kesehatan mata. Sedangkan Fish oil, adalah minyak ikan yg mengandung omega 3 yg baik untuk anti-radang sperti rematik, dan menurunkan kolesterol, tetapi rendah vitamin A..(minyak ikan bukan berasal dari liver nya saja).
5. Lihat takaran penyajian..jangan terjebak. Sering terlihat ditulis, "setiap takaran penyajian mengandung 3000 mg fish oil" Padahal takarannya = 3 kapsul. Artinya, 1 kapsul hanya berisi= 1000 mg.
6. Mana yg lebih baik, Fish oil yg Odorless (bebas bau amis) atau yang biasa?
Odorless sah2 saja, terutama yg tidak tahan dengan bau amis ikan. namun, odorless bukan berarti bau amis dihilangkan, tetapi disamarkan..Biasa dilakukan dengan penambahan perasa seperti vanila/ anggur/ strawberry dll untuk menyamarkan amisnya.

Semoga bermanfaat, selamat memilih!!

32 komentar:

  1. Sudah terlanjur beli, mungkin untuk kesempatan membeli berikutnya :)

    BalasHapus
  2. Saya baru saja membeli Cod Liver Oil cap ikan paus, untk tambahan suplemen , apakah suplemen tsb aman utk dikonsumsi?

    BalasHapus
  3. Bapak Hasbie,

    Terima kasih atas pertanyaannya.Cod liver oil baik digunakan karena mengandung vitamin A yang tinggi untuk mendukung kesehatan mata, Vitamin D untuk tulang. Selain itu juga ada kandungan asam lemaknya Omega 3 (EPA dan DHA).
    Hanya saja perlu diperhatikan untuk Ibu yang sedang hamil, lebih berhati2, terutama pada dosis tinggi, karena sifat vitamin A yang teratogenik atau membahayakan janin.
    Tetapi untuk pria/wanita yang tidak hamil/anak2, baik utk digunakan.

    Untuk keamanan obat/suplemen, Bapak bisa mengakses website Badan POM. Apabila produknya terdaftar, maka kandungannya sudah diteliti oleh BPOM sehingga aman dikonsumsi.

    http://www.pom.go.id/nonpublic/produk_komplemen/default.asp

    Saya lihat untuk merek yang Bapak gunakan, sudah terdaftar di BPOM. Sehingga aman untuk dikonsumsi, asalkan produk tersebut asli dan terdapat nomor registrasi di kemasannya =)

    Nomor registrasi : SI074325631
    Bentuk Sediaan : Kapsul Lunak
    Kemasan : Botol Pet plastik 50, 100 dan 500 kapsul
    Komposisi : -; Fish Liver Oil; Vit A; Vit D
    Klasifikasi : Produk Komplemen:: Suplemen Makanan & Nutrasetikal Impor
    Produsen : Qing Dao Double Whale Pharmaceutical Co Ltd.
    Importir : PT. Samco Farma

    BalasHapus
  4. saya sedang hamil 10w, selama 1 minggu ini mencoba mengkonsumsi cod liver oil cap ikan paus. saya sering mengkonsumsi 2-3 butir sehari. apakah aman bagi janin saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beri tahukan dokter kandungan anda bila mengkonsumsi cod liver oil. Karena umumnya banyak tersedia merek2 lain yang komposisinya lebih spesifik digunakan pada masa kehamilan.

      Hapus
  5. Produk yang mengandung omga3 yg aman n berqualitas yg mna y,..ksi saran donk? Mksiiih,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang beredar di apotik aman untuk digunakan. Tinggal disesuaikan dosisnya tergantung kebutuhan, apakah untuk suplemen sehari2 saja yaitu dosis 1000 mg fish oil, ataukah untuk terapi menurukan kolesterol/mengencerkan darah: 2000-3000mg/ hari

      Hapus
  6. halo, saya mau tanya.. saya membeli minyak ikan cap ikan paus untuk anak saya umur 1 tahun. Di kemasannya dituliskan aturan pakai untuk anak-anak 1- 2 kapsul setelah makan. yang saya mau tanyakan adalah apakah minyak ikan ini diberikan setiap kali selesai makan (artinya 3 kali sehari) atau 1 kali saja dalam sehari?

    BalasHapus
  7. Trmksh infonya sgt bermanfaat.. mau tnya klo cod liver oil utk ibu menyusui sbaiknya dosisinya gmna ya .. kl d kemasan cod liver oil cap ikan paus 2-4 kapsul perhari..

    BalasHapus
  8. Haloo terimakasih untuk pertanyaannya..
    Untuk ibu menyusui, cod liver oil ikuti petunjuk pada kemasan. seperti biasa saja..

    Kalau untuk anak satu tahun, karena tidak dikatakan berapa kali pemakaian. gunakan satu kali saja dalam sehari. Tetapi mungkin lebih baik vitamin yang berbentuk cairan/drop ya.. lebih mudah juga saat memberikannya.

    BalasHapus
  9. Trima kasih infonya Sgt brmanfaat. mana kah yg baik sy berikan u/ orangtua sy yg sakit krna stroke ringan dn memiliki diabetes Dan sy ingin Ortu badannya lebih fit dgn ada asupan suplemen. Squalene atokah fish oil?? Dan efek dari konsumsi ini apa yaa?? Trims sbelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stroke ringan biasanya digunakan pengencer darah oleh dokter. Bisa pakai fish oil tetapi hati hati dosis rendah saja kurang 1000 mg. Efek samping rasa amis, bisa jg jadi mdh berdarah, bila digunakan dosis diatas 1000 mg dan bersamaan dengan pengencer darah.

      Hapus
  10. saya mau tanya, apakah cod liver oil cap ikan paus dapat menggemukkan badan??

    BalasHapus
  11. Doc ada banyak blog yang menyatakan kalau minyak ikan itu bisa menghilangkan bekas jerawat diwajah,
    Saya tanya minyak ikan di aotik dikasih. Cod liver oil, bgus gk itu minyaknya diolekan kemuka

    BalasHapus
  12. Ani apakah yg berbentuk kapsul ini lngsg dmkn ap dmkn tlg pnjlsnx

    BalasHapus
  13. Saya pernah mencoba minyak hati ikan hiu langsung dari teman saya memang amisnya luar biasa karena keaslianya dan khasiatnya luar biasa dibeli langsung dari nelayan purwokerto ciamis dibalut cangkang kapsul oleh tmn sendiri akan tetapi klo yg sudah2 saya mencoba produk kemasan kok malah ga bau amis ya dan khasiatnya kayaknyA kurang dibadan beda jauh dgn buatan tman saya diminum langsung terasa apakah kemasan dikasi campuran trim,s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun tidak tahu apakah dlm kemasan di beri campuran lain atau tidak, krn tidak terdaftar oleh Badan POM yang meneliti isi kandungan sebelum dipasarkan.

      Hapus
  14. Bu dea.. saya hamil 8bulan.. mau beli fish oil yang baik untuk ibu hamil apa sih bu. Bingung soalnya. Kmarin sih minum yang dari nutrimax tapi kegedean kapsulnya. Mau beralih ke fishoil yang lain.. bagusnya apa yaaa..

    BalasHapus
  15. Terimakasih Mba Dea Pitasari informasinya soal Fish Oil dan Glucosamine membantu sekali.

    BalasHapus
  16. Fish oil untuk ibu hamil umumnya sudah tersedia dalam bentuk campuran dengan asam Folat dan vitamin lain. Sehingga sekali minum sudah mencakup semuanya.

    Mereknya ada Folamil Genio, Nulacta Plus, Prolacta for Mother.

    BalasHapus
  17. Pada penderita stroke, umumnya digunakan pengencer darah oleh dokter. Hati hati fish oil juga memiliki efek pengenceran darah sehingga bs berinteraksi dengan obat2 dari dokter. Dokter harus mengetahuinya terlebih dahulu. Merek tidak ada masalah, dosis dianjurkan dibawah 1000 mg per hari

    BalasHapus
  18. priscillaoktiara9 Juni 2016 pukul 20.49

    Saya mau nanya apakah cod liver oil ikan paus bisa menggemukan badan juga?karna saya beli agar saya lebih berisi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cod liver oil dapat meningkatkan napsu makan. Namun tidak secara langsung menggemukkan badan.

      Hapus
  19. tanya Bu Dokter
    anak saya berusia 3 tahun.sebenernya gak terlalu kurus.namun susah sekali untuk makan.vitamin / minyak ikan apa yg baik untuk saya berikan pada anak saya.sebagai tambahan asupan gizi.. terima kasih.

    BalasHapus
  20. Bisa yang mengandung curcuma untuk meningkatkan napsu makan. Ada yang campuran curcuma dan minyak ikan. banyak beredar di apotek2...

    BalasHapus
  21. Cod liver oil dapat meningkatkan napsu makan. Namun tidak secara langsung menggemukkan badan.

    BalasHapus
  22. Kalau untuk penderita patah tulang dianjurkan tidak mengkonsumsi cod liver oil dibarengi dengan susu tinggi kalsium?

    BalasHapus
  23. bun mau tanya. omega tiga yg bagus buat promil merk apa ya.

    kmaren minum cap myheart. malah jerawatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk merek cocok2an. Tp kl minum jerawatan sperti reaksi alergi. Sbaiknya coba Omega 3 6 9 dari tumbuhan sperti Flaxseed Oil. Tersedia di apotek di mal2

      Hapus
    2. Dok saya orang awam kmrn saya bli minyak ikan dengan kode POM SI104302231,diimpor olh PT RADIANT SENTRAL NUTRINDO,merknya omega junior,apkh terdftar di BPOM

      Hapus
    3. http://www.pom.go.id/new/ bisa cek registrasi obat disini. masukkan kode POM atau masukkan nama mereknya.

      Hapus
  24. Cedera patah tulang umumnya akan di beri obat2an oleh dokter. Salah satunya adalah biasanya suplementasi kalsium/vitD. Bila demikian susu tinggi kalsium tdk diperlukan lafi. Cod liver oil boleh saja dipakai...tp tdk spesifik utk patah tulang.

    BalasHapus