15 Oktober 2011

Mata Perih dan Kering, Coba Tips Berikut

Pernah ngalami mata terasa kering banget, perih, merah dan gatal? Mungkin pembaca mengalami yang namanya Dry eye syndrome (DES). DES ini disebabkan menurunnya produksi air mata dan fungsi dari lapisan air mata. Ini bisa disebabkan oleh efek samping obat, perubahan hormon akibat menopause, penggunaan lensa kontak, penyakit autoimun seperti artritis rematik, lupus, lelah menonton tv/ melihat komputer, dan faktor lingkungan.
Nah jika pembaca mengalami gangguan diatas, coba deh beberapa tips yang mudah dilakukan berikut
  • Lindungi mata dari asap, radiasi komputer, hairdryer
  • Pakai kacamata ketika pergi ke daerah yang berangin.
  • Perbanyak asupan sayuran dan buah buahan, kandungan antioksidan membantu mencegah rusaknya sel pada mata
  • Kurangi konsumsi gula, cafeine dan alkohol
  • Bisa menggunakan tetes mata, tetapi yang mengandung moisturizer aja ya..misalnya yg mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose
  • Kalau sedang pakai lensa kontak, lepas dulu sebelum menggunakan tetes mata moisturizer ini.
Nah, Terapi Natural juga ada, berikut ini yang dapat digunakan.....
  • Herba Alami Bilberry  
Ekstrak buah bilberry terkenal membantu kesehatan mata. Ekstrak buah bilberry ini mengandung anthocyanin yang memberikan efek antioksidan, melancarkan sirkulasi darah pada mata, dan melindungi sel saraf mata, jg mempertajam pengelihatan malam hari. Herba ini umumnya tersedia dalam bentuk tablet, dengan kandungan anthocyanin yang dianjurkan 10 – 15 mg dikonsumsi tiga kali sehari.
  • Evening Primrose Oil
       Nah, yang satu ini si minyak biji tanaman Evening Primrose seperti artikel saya sebelumnya, Terapi Natural Eksim . EPO tinggi dengan asam lemak esensial Omega 6, Gamma-Linolenic Acid (GLA) yang berguna untuk memperbaiki sel - sel yang rusak, berguna juga untuk eksim, dan juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air mata lho. Asupan yang dianjurkan untuk EPO adalah 500 – 1000 mg diminum 2-3 x sehari.
  • Omega 3 Fish Oil
Minyak ikan yang mengandung Omega 3 pun juga bermanfaat atasi mata kering. Mirip seperti EPO, Omega 3 bekerja dengan menekan reaksi peradangan yang kerap terjadi pada sindroma ini. Menurut penelitian di Amerika Serikat, konsumsi 5 takaran saji ikan tuna setiap minggunya, dapat mengurangi risiko DES pada wanita sebanyak 63%. Dengan demikian, perbanyak konsumsi ikan, namun jika memilih untuk mengkonsumsi suplemen Omega 3, dosis yang disarankan adalah 500 – 1000 mg minyak ikan diminum dua sampai 3 kali sehari.

Semoga bermanfaat!

References:
 Janet Zand, Allan N. Spreen, James B. LaValle. Smart Medicine for Healthier Living. Avery Publishing, 1999
Karolien H. Kokke, Judith A. Morris, John G. Lawrenson. Oral omega-6 essential fatty acid treatment in contact lens associated dry eye.  Contact Lens & Anterior Eye, 2008.
Miljanović B, Trivedi KA, Dana MR, Gilbard JP, Buring JE, Schaumberg DA. Relation between dietary n–3 and n–6 fatty acids and clinically diagnosed dry eye syndrome in women. Am J Clin Nutr October 2005 vol. 82 no. 4 887-893

1 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini