19 Maret 2012

Atasi Serangan Tomcat, si Serangga Beracun

Serangga yang satu ini bikin heboh warga Surabaya, selain menyerang sekolah sekolah, serangga ini juga masuk ke apartemen sehingga menggangu penghuninya. Jujur aja, saya belum pernah dengar nama serangga ini sebelumnya, saya coba cari tahu di internet dan berikut yang saya temukan.

  • Tomcat, atau sering disebut juga dengan Rove Beetle berbahaya buat manusia bukan karena sengatannya, tetapi karena cairan tubuhnya yang beracun. Didalam tubuhnya, tomcat mengandung racun Pederin yang dapat mengakibatkan iritasi kulit jika bersentuhan langsung. Gejalanya, kulit terasa panas, pedih, gatal, kulit melepuh dan bernanah, hal ini sering disebut Pederous Dermatitis
  • Karena racun terdapat didalam badannya, hindari menyentuh atau menepuk serangga ini bila hinggap pada tubuh. Cukup ditiup saja. Waspadai juga peralatan rumah tangga yang dihinggapi tomcat, karena tomcat ini juga meninggalkan racunnya pada peralatan tersebut.
  • Jika tersengat racun tomcat, segera bilas daerah yang terpapar dengan air dan sabun. Racun terbuat dari protein yang akan terbilas bila dibasuh dengan sabun. Setelah itu, kompres kulit dengan es/air dingin untuk mengurangi peradangannya.
  • Gunakan antihistamin atau salep cortisone (seperti hydrocortisone) untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak. Hal ini dapat digunakan untuk 1-3 hari.
Oke..sekian dulu sharingnya, semoga bermanfaat buat para pembaca!


Referensi: Australian Pharmacist March 2012 Management of Bites and Stings
              http://kesehatan.liputan6.com/read/382856/tips-atasi-serangan-tomcat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar