25 September 2013

Sengatan Lebah, Bisa Mematikan

Bee Wasp - Sengatan Lebah
Sengatan lebah bagi sebagian orang bisa mematikan lho.. Hal ini saya jumpai sendiri ditempat saya bekerja. Seorang pasien yang di sengat lebah dibagian lengannya, berujung di UGD. 

Gejala yang dialami adalah:  pusing, pucat, keringat dingin, tekanan darah turun drastis hingga 60/30, detak jantung melambat, kemudian tak sadarkan diri Semuanya terjadi begitu cepat kurang lebih 1-2 menit. Bila tak segera ditangani, bisa meninggal dunia.
 
Hal ini disebabkan karena adanya reaksi alergi yang begitu hebat terhadap zat yang terkandung pada sengatan lebah. Reaksi ini dikenal ANAPHYLAXIS.
Reaksi alergi ini bukan hanya karena sengatan lebah, tetapi bisa juga disebabkan oleh obat-obatan, bahan pangan seperti: kacang, susu, seafood dll, tergantung dari individunya sendiri. Oleh karena itu, sering kita jumpai keterangan pada makanan "hati-hati mengandung produk susu dll"



Penangannya?
Segera ke UGD Rumah sakit terdekat, umumnya diberikan injeksi adrenalin dan obat-obatan pendukung lainnya seperti oksigen, kortikosteroid dll. Diluar negeri seperti negara Australia, telah tersedia produk yang bernama Epipen bagi mereka yang memiliki riwayat anafilaksis, yaitu Adrenalin yang dikemas dalam bentuk bolpen, yang bisa dibawa kemana-mana dan dapat disuntikkan dalam keadaan darurat. Namun di Indonesia saya belum pernah jumpai hingga saat ini. Mudah2an segera tersedia di pasar Indonesia.


Semoga sharing ini bermanfaat!


http://en.wikipedia.org/wiki/Anaphylaxis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini