17 November 2012

Ambeyen, Tips Mengatasinya

Ambeyen, wasir atau disebut juga hemoroid, ini dia yang bikin duduk nggak nyaman kalau lagi kambuh. 
Sebenarnya ambeyen disebabkan karena adanya jaringan yang membengkak didaerah dubur. Fungsinya sih sebetulnya sebagai "sumbat" bagian bawah. Pintu utama yang bisa membuka/menutup ketika kita BAB, ataupun buang gas. "Sumbat" ini bengkak dan radang, bisa dikarenakan BAB tidak lancar, kehamilan, angkat berat, batuk berkepanjangan, duduk terlalu lama dll. 

Ambeyen ada 3 jenis lho...internal (didalam), eksternal (diluar) dan kombinasi keduanya. Kalau didalam, umumnya tidak terasa sakitnya karena bagian dalam rektum (saluran pembuangan) kita, nggak banyak ujung-ujung saraf. Tau-tau ke belakang terlihat darah segar, tanpa nyeri. Kalau mereka yang mengalami rasa nyeri dan bengkak pada dubur, kemungkinan besar adalah ambeyen eksternal. Adapula yang memiliki keduanya, maka dua duanyapun harus ditangani.

Kalau lagi kumat, obat-obatan cukup membantu meringakan. Dokter bisa membantu meresepkannya.  Kalau letaknya diluar gunakan yang salep oles, isinya local anesthetic (mengurangi nyeri), antiradang (mengurangi bengkak), zinc (untuk melindungi/proteksi), juga hemostat (menghentikan pendarahan). Jika letakknya disebelah dalam dubur, digunakan supositoria yang dimasukkan melalui dubur biasanya mengandung antiradang, atau menhentikan pendarahan pada daerah yang terluka.

Selain obat-obatan, perubahan pola hidup adalah kunci mencegah & mengatasi ambeyen. Ini dia tipsnya
  • Makan banyak sayur, buah, serat. Yang dianjurkan 25-30 Gram serat per hari. Serat membantu untuk merangsang peristaltik (gerakan pencernaan) --> BAB Lancar
  • Minum air yang banyak 2 L per hari, memperlancar BAB, melunakkan konsistensi feses.
  • Hindari memaksakan diri utk buang air besar --> menekan rongga perut
  • Hindari mengangkat beban yang berat --> memberikan tekanan yg besar pada rongga perut kita. 
  • Hindari duduk yang berkepanjangan/berdiri berkepanjangan
  • Lakukan olahraga.  Terkesan simpel tetapi sangat besar manfaatnya. Olahraga merangsang gerak pencernaan yang baik
  • Suplemen yang dapat digunakan adalah citrus bioflavonoid, tersedia dalam bentuk tablet di apotek. Gunanya untuk meningkatkan kekuatan pembuluh darah kita, dan bekerja sebagai anti radang. Aman dikonsumsi untuk ibu hamil yang kerap mengalami hemoroid, karena naiknya tekanan pada abdomen (perut) 
  • Kalau ambeyen membandel dan tidak lagi mempan dengan obat-obatan & perubahan pola hidup, mesti dipikirkan untuk operasi, tetapi konsultasikan dulu dengan dokter anda. =)
Oke sekian dulu sharingnya, semoga bermanfaaat

Reference: Australian Pharmacist Oct 2012 - Haemorrhoids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar