25 November 2012

Tablet Kunyah Manis, Bolehkah untuk Diabetesi?

Saya sharing pertanyaan dari teman saya dan hasil bincang2 sama teman saya ini:

Q: Saya mengalami tulang keropos nih, bongkar lemari obat, nemu obat suplemen kalsium, expirednya masih Juni 2013. Boleh diminum gak tablet kunyah yang rasanya manis? Padahal ada histori diabetes, saat ini minum obat-obat penurun gula, suntik insulin dan minum fish oil. Keropos tulangnya ketahuan setelah di X-ray, selain itu sering terasa sakit ditulang. Dokter memberi obat resep, tetapi karena tidak kunjung membaik, gak diminum lagi.


A: Challenging juga nih pertanyaannya, kalau ada produk leaflet didepan mata sih gampang, tinggal lihat komposisinya. Untung ada internet, saya cari dulu informasi tentang merek obat tersebut, jenis pemanis apa yang digunakan?

Ternyata produk ini menggunakan saccharin, low calorie sweetener, atau pemanis rendah kalori yang sudah digunakan bertahun tahun, dan terbukti aman. Meskipun artificial, tetapi saccharin salah satu yang dianjurkan untuk penderita diabetes, karena langsung lewat di pencernaan dan tidak dicerna. Riset-riset pun menunjukkan tidak ada kenaikan gula darah yang signifikan setelah mengkonsumsi sakarin.  Jadi, it's OK untuk dipakai/
Lalu saya tetap anjurkan untuk kembali ke Dokter untuk dilanjutkan terapi osteoporosisnya.

Oke gitu dulu sharingnya, siapa tau ada yang memiliki pertanyaan yang sama.

Semoga bermanfaat!

Ref. www.saccharin.org
http://www.diabetesdaily.com/wiki/Saccharin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar