06 Januari 2013

Garlic dan Sinusitis

Belum lama ini, akibat Flu yang tak kunjung sembuh, rongga sinus saya meradang. Pertama-tama gejalanya hanya pilek yang tak berkesudahan. Lama kelamaan, mulai terasa tekanan di bagian pipi, kemudian kepala pusing, sakit kepala dan demam. Dari gejalanya saja, saya tahu ini sinusitis. Karena takut komplikasi yang lain, saya bergegas ke Dokter THT, setelah di Xray, betul bahwa rongga sinus depan terlihat kelabu, banyak cairan didalamnya.

Kemudian saya diberi obat Clarithromycin 500 mg 1x sehari, erdostein 2x sehari dan pelapang hidung 2x sehari. Setelah minum obat 1minggu kemudian, nyeri dan demam mulai hilang. Dokter memberikan resep kedua untuk menuntaskan radangnya. Setelah 2 minggu, semua terasa membaik, namun, cairan yang keluar dari hidung masih saja kekuningan. Sampai obat habis, juga masih ada cairan keluar.
Kemudian saya coba terapi alami, saya ingat garlic baik sekali untuk atasi sinusitis,Yang saya lakukan
  • Saya gunakan Garlic tablet 2x sehari 1 tablet setelah makan. 
  • Garlic atau bawang putih dipercaya sebagai antibiotik alamiah yang memiliki sifat antibakteri, dan antivirus. Bahan aktif Garlic (allyl thiosulfinate) juga memiliki efek dekongestan (melapangkan pernapasan). Tapi garlic bisa membuat perut kita nggak nyaman, oleh karena itu, gunakan setelah makan. Garlic juga bisa mengencerkan darah, dan menurunkan kolestrol. So, kalau sedang pakai obat2an pengencer darah, hati hati dengan garlic ini. Saat minum garlic, kalau mau cabut gigi atau operasi, dihentikan dulu pemakaian Garlic selama 1-2 minggu sebelum prosedur.
  • Kalau pilih garlic, pilih yang enteric coated (melindungi supaya tidak mengiritasi lambung)
  • Ada Garlic yang odorless (tanpa bau garlic), tapi lebih baik yang biasa saja.
  • Minum teh hangat/air hangat setiap pagi dan malam (untuk teh,saya pilih yang ada bergamot, lemon dan chamomilenya), sambil minum teh, saya hirup uap dari teh itu untuk beberapa saat
  • Oles balsem dihidung untuk terus membuka rongga sinus
  • Menghindari es krim, minuman dingin 
  • Saya kurangi penggunaan AC baik di mobil atau didalam kamar
Tidak berapa lama, cairan kekuningan itu berkurang dan akhirnya sekarang sembuh..
Intinya buat saya, garlic lumayan membantu menuntaskan sinusitis, meskipun antibiotika dan obat-obatan tetap diperlukan untuk meredakannya.

Semoga sharing ini menambah pengetahuan dan bermanfaat buat pembaca!

Ref: http://www.immuneweb.org/articles/sinusitis.html
http://misc.medscape.com/pi/android/medscapeapp/html/A861768-business.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini