15 April 2013

SUPLEMEN dengan ECHINACEA, bolehkah diminum tiap hari?

Beragam jenis merek ditawarkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya adalah yang mengandung echinacea. Ada yang bentuknya tablet, ada juga yang sirup. Nah sering kali kita mengkonsumsinya, tetapi boleh ngga diminum tiap hari seperti multivitamin?

Echinacea, sebenarnya adalah nama bunga, spesies Echinacea purpurea, Echinacea Angustifolia dan Echinacea Pallida yang sering digunakan dalam suplemen untuk meningkatkan sistem imun. Tetapi tidak semua produk sama, ada pabrik yang mengambil bagian akarnya, ada yang mengekstrak dari daunnya, ada pula yang mengekstrak dari bunganya, sehingga kandungannya pun berbeda. Kalau menemukan tulisan EFLA 894, artinya suplemen ini menggunakan ekstrak Echinacea Purpurea, yang diambil adalah bagian bunganya.

Echinacea ini cocok dipakai saat:
  • Pertama kali gejala flu/cold menyerang
  • Berfungsi mengurangi durasi dari flu yang dialami
  • Membantu mengatasi infeksi saluran kemih
Tetapi karena sifatnya meningkatkan sistem imun, suplemen ini tidak dianjurkan dipakai sehari hari, takutnya imunitas kita menjadi berlebihan.  Setelah pemakaian yang cukup lama, seperti 6 minggu, beri jeda 2 minggu sebelum mulai menggunakannya kembali.

Bagi yang alergi dengan bunga-bungaan, terutama dari famili daisy, hati-hati dalam penggunaannya.

Semoga bermanfaat!

Ref: http://www.webmd.com/
http://www.lifesupplemented.org/articles/supplements/spotlight_echinacea.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar